Searchingislearning – TikTok telah menjadi salah satu aplikasi paling populer di Spanyol untuk perencanaan perjalanan liburan, menurut RGO303 . sebuah studi gabungan yang dilakukan oleh firma analisis pemasaran Alkemy Iberia dan Interactive Advertising Bureau (IAB).

Menganalisis 1,7 juta komentar terkait pariwisata di berbagai jejaring media sosial, studi ini menyoroti peran TikTok dalam memberikan saran destinasi yang beragam kepada para pengguna dalam hitungan menit.

“Kami melihat bahwa TikTok mengonsolidasikan dirinya sebagai agen perjalanan,” ujar Borja Lorenzo, Direktur Pemasaran Alkemy Iberia sekaligus pemimpin penelitian ini. Dia menjelaskan bahwa TikTok menjadi platform andalan untuk perencanaan perjalanan, menawarkan pengguna wawasan cepat tentang berbagai destinasi melalui format video.

Selain itu, indikator makroekonomi dan data penggunaan menunjukkan adanya peningkatan dalam perjalanan dan kunjungan ke destinasi wisata, yang berkorelasi dengan lonjakan basis pengguna global TikTok, terutama di Spanyol. Studi ini menganalisis interaksi pengguna di kolom komentar tentang berbagai aspek pariwisata seperti destinasi, penerbangan, kapal pesiar, akomodasi, atau penyewaan kendaraan.

Algoritma TikTok, yang memprioritaskan konten sangat menarik, telah memungkinkan berbagai merek dan influencer untuk mempromosikan destinasi yang kurang dikenal, sehingga memicu tren viral di kalangan anak muda. 

Menurut Lorenzo, hasil pencarian di TikTok menarik secara langsung bagi konsumen, menjembatani kesenjangan antara penyedia layanan dan wisatawan. Dia menyatakan keyakinannya akan pertumbuhan TikTok yang berkelanjutan sebagai aplikasi pencarian perjalanan yang penting.

Ruth Blanch, Direktur Eksekutif Alkemy Iberia, menekankan pentingnya memahami perilaku konsumen untuk mempersonalisasi pesan pemasaran dan memenuhi kebutuhan pengguna secara spesifik.

“Tujuan kami adalah menentukan standar kualitatif yang memungkinkan kami untuk memahami perilaku konsumen dan meningkatkan hubungan RGO 303 . kami dengan mereka,” ungkap Ruth.

Blanch menegaskan kembali peran TikTok sebagai mesin pencari yang dinamis untuk inspirasi perjalanan, seraya mengutip relevansinya yang semakin meningkat dalam perencanaan perjalanan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *