Searchingislearning – ialah sebuah kecamatan di daerah Kabupaten Tangerang bagian rgo303 login barat. Balaraja merupakan sebuah kawasan industri di mana ada banyak pabrik yang berdiri di daerah tersebut.

Akan tetapi, pernahkah Anda tahu bagaimana asal muasal nama Balaraja disematkan untuk daerah satu ini?

Mengutip Bogor Prime, nama Balaraja merupakan perpaduan antara kata ‘raja’ yang berasal dari kata kepala dan raja. Atau dengan kata lain, Balaraja memiliki arti pasukan raja tawon.

Dalam versi lain disebutkan jika Balaraja berasal dari kata Bale dan Baja yang mengandung arti tempat peristirahatan para raja.

Namun, melansir laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang versi yang tepat adalah Balaraja yang berarti tempat peristirahatan para raja.

Hal ini karena pada zaman dahulu, Balaraja merupakan tempat persinggahan atau tempat peristirahatan bagi para raja yang berasal dari kerajaan Banten seusai berperang. Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah tempat pemandian yang bernama Talagasari.

Mengutip abottng.com, letak pemandian Talagasari berada di depan gedung Kecamatan Balaraja yang dulunya merupakan gedung Kawedanaan Balaraja. Lebih tepatnya berada di Klinik Aroba, di belakang Masjid Al-Jihad.

Bukti lainnya menyebutkan jika raja-raja seluruh nusantara pada zaman dahulu pernah menjadikan kampung Sentiong di daerah Balaraja sebagai tempat beristirahat.

Raja-raja yang pernah singgah di tempat itu antara lain adalah raja yang pernah menyerang Batavia, yakni Raja Brawijaya dari kerajaan Majapahit dan Sultan Agung dari Kerajaan Mataram.

Pada perkembangannya, Balaraja sempat mengalami beberapa kali pemekaran wilayah. Di antaranya Balaraja pertama kali mekar menjadi beberapa wilayah seperti Tigaraksa, Cisoka, Kronjo, Kresek dan Jayanti.

Kemudian mekar kembali pada tahun 2007 menjadi rgo303 slot login link alternatif Kecamatan Sukamulya. Kecamatan Kresek juga mekar menjadi Kecamatan Gunung Kaler, Kecamatan Kronjo mekar menjadi Kecamatan Mekar Baru dan Kecamatan Cisoka dimekarkan menjadi Kecamatan Solear.

Kini daerah Balaraja menjadi daerah industri yang berpotensi pula menjadi area perumahan. Balaraja juga memiliki potensi pertanian yang berada di daerah Kecamatan Cisoka, Solear, Jayanti, Sukamulya, Kresek, Gunung Kaler, Mekar Baru dan Kronjo. Selain itu Balaraja juga memiliki potensi perikanan dan kelautan yang terpusat di Kecamatan Kronjo dan Mekar Baru.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *